Banner

RIO DE JANEIRO – Brasil layak disebut sebagai tim paling menakutkan di Piala Konfederasi. Sepak terjang tim tersebut dalam sejarahnya kerap menciutkan nyali lawan. Tahun 1997 menjadi titik balik bagi tim “Negeri Samba”. Pasalnya, saat itu adalah tahun pertama mereka menjadi juara kompetisi itu. Sebelumnya, hanya Argentina dan Denmark lebih dulu berkuasa pada 1992 dan 1995 ketika Arab Saudi masih menjadi tuan rumah tunggal.

Pada 1997 itu pula, Brasil mendapatkan gelar juara di kompetisi ini dengan kemenangan besar. Hasil 6-0 ditorehkan “Selecao” melawan Australia di final. Jumlah gol yang justru dicatat hanya lewat dua pemain, Ronaldo dan Romario. Keunggulan yang juga tak lepas dari pukulan buruk dialami “Negeri Kanguru” yang hanya bermain dengan 10 pemain. Karena, Mark Viduka diusir wasit setelah Brasil baru mendapatkan gol pertama.

Hasil di Piala Konfederasi, tak bisa ditampik mewarnai penampilan tim tersebut di Piala Dunia setahun berikutnya. Terbukti, pada Piala Dunia 1998, Brasil kembali berhasil mencapai final. Sayangnya, berhadapan dengan Prancis yang merupakan tuan rumah, “Selecao” kalah 3-0.

***Untuk selengkapnya, baca di TopSkor hari ini (7 juni 2013)***